SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Friday, June 12, 2009

WHO Ingatkan Pandemi Bisa Berlangsung 2 Tahun

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan pandemi flu H1N1 (flu babi). WHO mengingatkan pandemi itu bisa berlangsung hingga dua tahun.

Selama kurun waktu satu hingga dua tahun, virus H1N1 akan menyebar di dunia. "Kita harus fleksibel mengenai bagaimana kita merespons itu," kata Wakil Dirjen WHO Keiji Fukuda dalam konferensi pers di Jenewa, seperti dilansir kantor berita AFP , Jumat (12/6/2009).

Pengumuman pandemi ini dikeluarkan PBB di tengah fakta bahwa virus yang asalnya dari Meksiko, saat ini ditularkan secara luas antarmanusia di Asia, Eropa juga Amerika.

Dirjen WHO Margaret Chan menegaskan, pengumuman pandemi ini hendaknya tidak menimbulkan kepanikan. Pandemi juga tidak lantas berarti bahwa korban jiwa akibat virus H1N1 akan meningkat tajam.

"Masuk ke level enam fase pandemi tidak berarti kita akan melihat peningkatan dalam jumlah kematian atau kasus yang sangat parah," kata Dr Chan. "Sebaliknya, banyak orang yang menderita kasus ringan akan sembuh tanpa obat-obatan dalam beberapa kasus," imbuhnya.

Data terakhir WHO menunjukkan, jumlah kasus flu H1N1 telah mencapai 29.669 kasus di 74 negara, termasuk 145 kematian.

Ini merupakan pandemi flu pertama dalam kurun waktu 41 tahun. Pandemi flu terakhir terjadi pada tahun 1968-1969 saat virus H3N2 mewabah.

Virus itu berasal dari Hong Kong sehingga lebih dikenal sebagai flu Hong Kong dan telah menewaskan hingga dua juta orang. detikcom - Jumat, Juni 12

Sumber : http://id.news.yahoo.com/dtik/20090612/twl-who-ingatkan-pandemi-bisa-berlangsun-601e3a9.html

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN