SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Saturday, June 13, 2009

Medan siaga 1 virus H1N1



Cetak E-mail
Saturday, 13 June 2009 05:46 WIB
ABDULLAH DADEH
HARIAN WASPADA

MEDAN - Bandara Polonia Medan tetap dalam siaga 1 terhadap virus babi atau swine flu H1N1, namun tetap aman bagi kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah ini. Siaga 1 berkaitan 13 penerbangan dari Malaysia dan Singapura mendarat di Medan setiap hari. Kedua negara tetangga terjangkit virus mematikan, sangat dekat dengan Medan.

Demikian penegasan Syahril Aritonang, kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan Medan, ketika dikonfirmasi di Bandara itu, tadi malam.

Kata dia, tugas tersebut memberikan rasa aman bagi penumpang maupun wisatawan manca negara yang berkunjung ke Sumut.

Jajaran Karantina Kesehatan Medan membentuk empat shif para pekerja, tiga shif untuk Bandara Polonia Medan dan satu shif untuk petugas di Pelabuan Belawan karena hanya tiga kali kapal asal luar negeri singgah di sana.

Menurut Aritonang, siaga 1 setelah Menteri Kesehatan (Menkes) Dr Fadillah Supari di Jakarta menyatakan demikian kemarin. "Jadi, Bandara Polonia Medan berdekatan dengan pintu gerbang Singapura dan Malaysia, siap siaga setiap saat mengantisipasi flu H1N1," ujarnya.

Bagi orang-orang terdeteksi flu babi terpantau melalui peralatan body clean disinfection saat mendarat di Bandara dirujuk disejumlah rumah sakit di Medan dan daerah Tk-II di Sumut, antara lain RS. Adam Malik, RS. Elizabeth, Pirngadi Medan, RS. Tarutung, Siantar dan Tanjung Balai.

Sementara itu Ferdinand, staf Karantina Kesehatan Medan ketika dikonfirmasi di Bandara itu juga membenarkan, sejak diintensifkan pemeriksaan 18 Mei hingga 12 Juni 2009, belum ditemukan virus yang sudah mewabah masyarakat dunia sebagai mana laporan dari WHO.

Setiap penumpang yang mendarat dari luar negeri di Bandara Polonia Medan harus masuk ruang body clean disinfection, disemprot alkohol 70 persen agar tetap steril kuman-kuman berbahaya. Penumpang khususnya kalangan wisatawan juga diberikan semacam kartu kewaspadaan (allert card) lengkap tercantum nomor HP, nomor paspor, alamat tinggal dan lainnya.

"Jika mereka selama berada di Medan ada gejala tidak diinginkan akan segera dikontak petugas kesehatan," ujar Ferdinand, hingga tiga minggu berlangsung pemantauan di Bandara masih aman dari virus tersebut.
(dat04/wsp)
Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=95108&Itemid=27

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN