SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Saturday, May 2, 2009

Mendarat di Denpasar, Pesawat dari Hongkong Disemprot Disinfektan

Jakarta - Pemerintah Indonesia bertindak cepat mengantisipasi flu babi (flu H1N1) yang telah melanda Hongkong. Sebuah pesawat yang terbang langsung dari Hongkong, sesaat setelah mendarat di Bandara Ngurah Rai langsung disemprot disinfektan.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Departemen Perhubungan Herry Bakti kepada wartawan di ruangan VIP Bandara Ngurah Rai, Sabtu (2/5/2009). "Setiap pesawat yang terbang langsung dari Hongkong kita semprot disinfektan," kata Bakti.

Sebuah pesawat Cathay Pasific nomor penerbangan CX 785 dengan 363 orang penumpang yang terbang dari Hongkong mendarat pukul 15.40 wita di Bandara Ngurah Rai, Bali. Begitu mendarat, pesawat ini langsung diarahkan ke terminal khusus (remote apron) yang lokasinya terletak di sebelah barat bandara.

Sebelum penumpang turun, petugas bandara bergegas masuk ke dalam pesawat. Mereka mengecek suhu tubuh seluruh penumpang di dalam pesawat secara detail satu per satu.

Setelah seluruh penumpang dan awak keluar dari pesawat, petugas lainnya segera menyemprotkan disinfektan ke seluruh bagian pesawat. "Petugas berjalan bolak balik di dalam pesawat menyemprotkan disinfektan," kata Bakti.

Bakti menjelaskan, sistem penanganan terhadap pesawat dan penumpang dengan cara tersebut akan diberlakukan di semua bandara internasional di Indonesia. Di Bandara Ngurah Rai disiapkan dua lokasi parkir pesawat yang menlayani rute Hongkong-Denpasar.

Selama ini, maskapai yang melayani rute Denpasar-Hongkong di Bandara Ngurah Rai berjumlah tiga buah, yaitu Garuda, Cathay Pasific, dan Hongkong Expres. Tiga maskapai ini melakukan penerbangan sebanyak 14 kali dalam sepekan.

Sedangkan di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta akan disiapkan lebih banyak lagi lokasi parkir bagi pesawat yang melayani rute dari negara yang dinyatakan positif terjangkit flu babi oleh WHO. "Rute Jakarta-Hongkong lebih banyak lagi," ujarnya.

Dari 13 negara yang dinyatakan terjangkit flu babi oleh WHO, bandara internasional di Indonesia hanya melayani rute penerbangan langsung dari Hongkong. Sedangkan negara lainnya, melalui rute Singapura sebelum ke Indonesia. (gds/djo)

Sumber : Gede Suardana – detikNews

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN