SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Monday, April 27, 2009

Cegah Flu Babi, Bandara Polonia Medan Pasang Thermal Scanner


Medan - Alat pemantau suhu badan (thermal scanner) dipasang di pintu masuk terminal kedatangan luar negeri Bandara Polonia, Medan. Alat ini mencegah penyebaran virus flu babi (swine flu) yang mungkin dibawa dari luar negeri. Setiap penumpang pesawat dari luar negeri yang tiba di terminal kedatangan luar negeri Bandara Polonia Medan, Sumatera Utara, akan dideteksi thermal scanner yang dipasang Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan.

Selain memantau suhu badan, petugas kesehatan pelabuhan juga mengaktifkan alat body clean desinfectan health quarantine, untuk mensuci-hamakan atau mensterilkan penumpang yang terdeksi alat thermal scanner.

Kepala Bidang Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan Masrip Sarumpaet menyatakan agar tidak mengganggu arus lalu lintas orang dan barang di Bandara Polonia, hanya penumpang yang terdeteksi memiliki tanda-tanda atau gejala penyakit flu akan diminta melewati alat body clean desinfectan health quarantine, untuk disucihamakan atau disterilkan, termasuk barang bawaannya.

Selanjutnya penumpang yang dicurigai tersebut, diwawancarai seputar kontak terakhir dengan hewan yang terkontaminasi flu babi atau penderitanya. Jika penumpang positif menderita flu babi, akan dievakuasi langsung ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan untuk mendapat pengobatan.

"Dengan alat ini diharapkan kuman yang ada di tubuh dan barang bawaan akan tereleminasi," kata Masrip Sarumpaet kepada wartawan di Polonia, Medan, Senin (27/4/2009).

Sejauh ini belum ada penumpang yang melalui Bandara Polonia Medan yang terdeteksi mengidap virus tersebut. (rul/nwk)


Sumber Foto : Waspada Online

Sumber : Khairul Ikhwan - detikNews



Berita Terkait :
Cegah Flu Babi, Australia Perketat Bandara

Wabah global bernama flu babi

WHO biayai "thermal scanner" di Polonia

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN