SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Monday, May 12, 2008

Ditemukan Disinfektan Flu Burung


Ramadhian Fadillah - detikcom

Jakarta - Zat amonium kuartener selama ini dikenal sebagai salah satu bahan baku deterjen. Namun bahan disinfektan ini terbukti mampu membunuh berbagai jenis virus termasuk virus flu burung H5N1.

Pengujian amonium kuartener sebagai disinfektan virus flu burung dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Hewan IPB dalam riset 2008. Mereka menguji amonium kuartener dengan virus H5N1 yang ditemukan dalam kasus yang terjadi di Tasikmalaya 2005.

"Amonium kuartener punya kelebihan, rendah toksin (racun) dan cepat membunuh virus," kata Kepala Dinas Kesehatan Hewan Pusat Studi Hewan Tropika IPB, Agus Setiyono, dalam diskusi di Hotel Ciputra, Jl S Parman, Jakarta, Senin (12/5/2008).

Virus yang dicampur amonium kuartener disuntikan ke dalam embrio telur ayam. Setelah 48 jam, embrio telur mati, namun bukan karena virus flu burung, melainkan karena disinfektan telah bekerja mematikan virus flu burung.

Menurut Agus, dalam konsentrat tinggi, amonium dapat mematikan embrio. Namun jika digunakan dalam bentuk semprot, itu tidak berbahaya bagi manusia dan hewan.

"Kalau disemprotkan itu justru bagus sebagai disinfektan," pungkasnya. IPB, lanjut Agus, terus mengembangkan penelitian mengenai manfaat penggunaan amonium kuartener ini. ( fay / ana )

Sumber : Detiknews.com

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN