SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Tuesday, May 13, 2008

FLU BURUNG : Penggunaan Disinfektan untuk Matikan Virus

Selasa, 13 Mei 2008 | 00:28 WIB

Jakarta, Kompas - Serangan virus flu burung H5N1 telah tersebar luas di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Untuk itu, pencegahan penyebaran virus itu perlu dilakukan dengan disinfektan yang bisa mematikan virus flu burung di lingkungan peternakan, rumah sakit, dan permukiman.

”Hingga saat ini belum ditemukan terapi pasti dan efektif mengatasi penyakit flu burung karena virus itu mudah bereplikasi. Jadi, upaya pencegahan lebih efektif dibanding mengobati,” kata ahli patologi dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Agus Setiyono, Senin (12/5), di Jakarta.

Pengendalian dan pencegahan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mencuci peralatan dan menyemprot tempat yang berisiko terkontaminasi virus H5N1 dengan desinfektan, zat kimia yang membunuh dan menghambat multiplikasi mikroorganisme, yaitu bakteri, protozoa, fungi, dan virus. ”Pemberian vaksin pada unggas saja tidak cukup, desinfektasi juga berperan penting dalam mencegah penyebaran flu burung,” kata Agus.

Desinfektan yang baik harus berspektrum luas terhadap mikroorganisme, efeknya cepat, tidak meninggalkan mikroorganisme resisten, tidak menyisakan residu, tidak mewarnai atau korosiva, tidak merusak kulit, dan toksisitas rendah.

Syarat lain adalah setelah dicuci tidak beresidu, dapat bekerja seperti sabun, mudah dipakai, dan ekonomis atau harganya terjangkau masyarakat. Salah satu golongan desinfektan yang dinyatakan mampu secara efektif mematikan virus flu burung adalah detergen kationik. ”Desinfektan bisa digunakan sebelum vaksinasi pada unggas,” ujarnya.

Desinfektan jenis detergen kationik mampu merusak membran sel dengan cara menurunkan tegangan permukaan dan melarutkan membran phospholipida. Desinfektan ini juga memengaruhi permeabilitas membran sehingga isi sel lepas dan sel jadi rusak, serta secara aktif mematikan jamur, bakteri, dan virus, termasuk flu burung.

Hasil pengujian efektivitas detergen kationik terhadap virus flu burung di Unit Pelayanan Mikrobiologik Medik Terpadu Fakultas Kedokteran Hewan IPB menunjukkan, detergen kationik mampu menginaktivasi virus H5N1 pada konsentrasi seratus persen. Pengujian dilakukan dengan menggunakan isolat virus flu burung dari Tasikmalaya tahun 2005. (EVY)

Sumber : Kompas Cetak

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN