SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Saturday, May 17, 2008

Kejadian Luar Biasa (KLB) Diare, Meningitis, dan Keracunan Pangan di Papua


Permasalahan kesehatan akibat Kejadian Luar Biasa (KLB) Diare, KLB Meningitis dan KLB Keracunan pangan di Provinsi Papua dan upaya penanggulangannya, berdasarkan informasi dari Dinkes Provinsi Papua sampai dengan tanggal 13 Mei 2008 pukul 15.00 WIB sebagai berikut :

Kronologis

Pada tanggal 1 April s.d 5 Mei 2008 terjadi KLB Diare, KLB Meningitis dan KLB keracunan pangan di 4 Kabupaten dalam provinsi Papua, yaitu Kab. Nabire, Kab. Jayapura, Kab. Paniai dan Kab. Keerom. KLB Meningitis terjadi pada tanggal 1 April s.d 5 Mei 2008 di Desa Bilogai ilaga Kab. Paniai. KLB Diare terjadi pada tanggal 21 s/d 28 April 2008 di Desa Monameni Kab Nabire, sedangkan tanggal 3 Mei di Distrik Arso Kota Kab. Keerom. KLB keracunan pangan terjadi pada tanggal 30 April s/d 1 Mei 2008 di Distrik Namblong Kab. Jayapura yang diduga akibat memakan daging babi.


Kejadian tersebut menyebabkan korban meninggal dunia sebanyak 38 orang dan jumlah total korban sebanyak 337 orang. Rinciannya sebagai mana terlihat pada tabel berikut :

Sumber data: http://www.depkes.go.id


Upaya yang telah dilakukan

  1. Evakuasi korban
  2. Melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas, Pustu, dan Rumah Sakit.
  3. Melakukan investigasi ke lokasi kejadian
  4. Memerikasakan sampel makanan pada kasus KLB keracunan Pangan di Kab. Jayapura ke Labkesda. Hingga saat ini masih menunggu hasilnya.

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN