SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Friday, May 29, 2009

Pertemuan Forum Pelabuhan Sehat di pelabuhan Belawan


Pada tanggal 28 Mei 2009 Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan melaksanakan acara Forum Pelabuhan Sehat di pelabuhan Belawan. Acara diawali pertemuan Forum Pelabuhan Sehat di kantor Adpel Belawan dan dilanjutkan dengan penamaman pohon secara simbolis oleh delapan pejabat terkait di pelabuhan Belawan.

Pada saat Administrator Pelabuhan Utama Belawan membuka secara resmi acara ini beliau mengatakan Pelabuhan Utama Belawan membutuhkan pohon-pohonan penghijauan untuk menambah kesejukan udara dan juga mengurangi polusi udara akibat kegiatan industri dan bongkar muat di pelabuhan.

Sementara itu Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan dr. H. Syahril Aritonang, MHA dalam sambutannya tidak lupa mengingatkan para hadirin bahwa Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan mempunyai tugas pokok mencegah masuk/ keluarnya penyakit menular potensial wabah dan penyakit yang tergolong PHEIC (Public Health Emergecy of International Concern) melalui pintu-pintu masuk negara, baik itu melalui Pelabuhan udara, Pelabuhan Laut maupun Pos Lintas Batas Darat.

Acara yang dilaksanakan di kantor Administrator Pelabuhan Utama Belawan ini di hadiri para pejabat instansi terkait di pelabuhan Belawan antara lain : Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan, Administrator Pelabuhan Utama Belawan, Kepala Kanwil Bea & Cukai Belawan, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Kepala Imigrasi Belawan, Dirpolair Polda Sumut, Kapolres KP3 Belawan, GM. PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia – I Cabang Belawan, GM PT. Belawan International Container Terminal PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia – I, Ketua Asosiasi terkait di Pelabuhan Belawan beserta seluruh peserta Forum Pelabuhan Sehat.

Dengan melakukan penanaman pohon ini diharapkan pelabuhan Belawan yang selama ini terkesan sangar, gersang dan panas akan menjadi pelabuhan yang sejuk, nyaman dan asri.

Forum Komunikasi Pelabuhan Sehat Pelabuhan Utama Belawan telah dibentuk sejak tahun 2007 bertujuan untuk mewujudkan kawasan pelabuhan yang bersih, aman, nyaman dan sehat. Banyak manfaat yang dapat dicapai dengan terbentuknya Forum ini yaitu antara lain meningkatnya penggunaan pelabuhan sebagai tempat transportasi yang nyaman dan sehat dan terkendalinya penyakit menular di kawasan pelabuhan.

Forum Komunikasi Pelabuhan Sehat Pelabuhan Utama Belawan memiliki lima program kerja yaitu antara lain :

- Bidang Penghijauan,

- Bidang Keamanan,

- Bidang Pelayanan Kesehatan,

- Bidang Kebersihan/ Ketertiban dan

- Bidang Penanganan Pencemaran Lingkungan.

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN