SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Saturday, April 25, 2009

Depkes Gelar Simulasi Tangani Penyebaran Flu Burung

Sabtu, 25/04/2009 09:16 WIB

Rachmadin Ismail - detikNews
Makassar - Penularan penyakit flu burung selama ini baru melalui binatang. Bagaimana jika penularan sudah terjadi antar manusia dalam sebuah lingkungan perkotaan
Departemen Kesehatan (Depkes) memberikan informasi tentang hal itu lewat simulasi penanggulangan penyebaran virus flu burung di kota Makassar, Sulawesi Selatan.
"Kita berharap lewat kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara pencegahan episenter pandemi influenza," kata Dirjen Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Tjandra Yoga di Makassar, Sabtu (25/4/2009).
Pandemi terjadi jika penularan flu burung sudah terjadi antar manusia secara meluas dan berkelanjutan. Kekhawatiran ini berpotensi terjadi di Indonesia, apalagi beberapa kasus penularan antar manusia di lingkungan keluarga sudah terjadi.
"Virus ini telah menimbulkan kecemasan pada dunia dan kita belum tahu kapan ini akan terjadi," tambahnya.
Simulasi yang menghabiskan anggaran sebesar hampir Rp 4 miliar ini dibantu oleh badan kesehatan PBB WHO dan CDC Atlanta. Pelaksanaan di Makassar merupakan kegiatan lanjutan setelah tahun lalu digelar di Jembrana, Bali.
Acara yang akan digelar selama 2 hari ini akan melibatkan 900 personel. Selain cara penanganan, panitia juga akan melakukan karantina rumah dan wilayah untuk mencegah perluasan virus lebih lanjut.

(mad/anw)

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN