SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Thursday, June 19, 2008

Penularan HIV/AIDS : 60% Pengguna Narkoba Suntik Terinfeksi

Jakarta - Jumlah pengguna narkoba di Indonesia terus meningkat. Saat ini diperkirakan populasinya mencapai 3,2 juta jiwa. Dari jumlah tersebut 800 ribu di antaranya menggunakan narkoba dengan jarum suntik.

"Dari 800 ribu tersebut, 60% telah terinfeksi HIV/AIDS," ujar Direktur Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza) Depsos, Makmur Sunusi, di Hotel Intercontinental, Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (19/6/2008).

Menurut Makmur saat ini ganja menempati peringkat pertama jenis Napza yang dikonsumsi di Indonesia. Persentase pengguna ganja mencapai 60%, disusul sedative 17%, methamphetamin 12%, ectasy 17%, dan heroin 4%.

"Setiap tahun 15.000 orang meninggal di Indonesia akibat Napza," tambahnya.

Data-data juga menunjukkan laki-laki yang menggunakan narkoba lebih banyak daripada perempuan. Persentasenya laki-laki 79% laki dan 21% perempuan.

Sementara itu penggiat antinarkoba Baby Jim Aditya mengatakan ada tiga cara untuk mengatasi kecanduan narkoba.

"Ketiga cara tersebut adalah penegakan hukum yang tegas, semua orang diberitahu bahaya narkoba dan pengurangan dampak buruk terhadap pecandu narkoba," katanya di tempat yang sama.

Dr Al Bahri Husain menjelaskan niat pemerintah untuk mengurangi kecanduan narkoba sangat kurang, hal ini terbukti dengan kebijakan-kebijakan yang tidak mengindikasikan pemberantasan terhadap narkoba.

"Ini juga tergantung policy negara, jika negara tidak banyak memperhatikan masalah ini, ya seperti ini jadinya," ungkap dokter yang banyak merawat korban narkoba ini.

Al Bahri mencontohkan hingga kini pendapatan APBN terbesar pun masih didapat dari cukai rokok, yang jelas-jelas memiliki efek menyebabkan ketergantungan.

( rdf / nrl )

Anwar Khumaini - detikcom

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN