SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Saturday, June 21, 2008

Epidemiologi Flu Burung Belum Diketahui

Kesehatan

Sabtu, 21 Juni 2008 | 00:30 WIB

Informasi soal penularan virus flu burung hingga kini masih misteri. Penularan flu burung menjadi menarik karena penularan terhadap kelompok manusia dalam jumlah besar terjadi di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari menyatakan, sampai saat ini epidemiologi flu burung belum diketahui. Ia menantang para ahli ilmu kesehatan masyarakat untuk membuat dan mempelajari epidemiologi flu burung.

”Ini pekerjaan rumah bagi Fakultas Kesehatan Masyarakat untuk membuat atau mempelajari epidemiologi flu burung,” tutur Fadilah saat memberi kuliah umum di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Kamis (19/6).

Sampai sekarang, bagaimana virus flu burung menular ke manusia belum bisa diketahui secara memuaskan.

Kuliah umum yang dihadiri ratusan orang itu bersumber dari kesaksian Fadilah menelusuri perkembangan kasus flu burung yang ditulis dalam bukunya yang berjudul Saatnya Dunia Berubah, Tangan Tuhan di Balik Virus Flu Burung.

Fadilah kembali meyakinkan bahwa belum terjadi penularan dari manusia ke manusia, yang mengingatkan orang pada kasus kematian akibat flu burung dalam kluster terbesar yang terjadi di Karo, Sumatera Utara, tahun 2005.

Saat itu tujuh orang dari delapan penderita flu burung dalam satu keluarga meninggal dunia.

Jika terjadi penularan orang ke orang, petugas kesehatan menjadi orang pertama yang tertular.

”Tidak hanya tujuh orang yang meninggal, tetapi bisa 700 orang, bahkan 7.000 hingga tujuh juta orang,” katanya menyebut berbagai kemungkinan penularan itu. (WSI)

http://cetak.kompas.com

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN