SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Saturday, May 10, 2008

Penyakit Misterius : 280 Orang Dikarantina di Kereta Api


GETTY IMAGES/CHINA PHOTOS

Ilustrasi: Orang terjebak di dalam kereta api.

Sabtu, 10 Mei 2008 | 10:00 WIB

TORONTO, SABTU - Seorang tewas dan sekitar 280 orang dikarantina di sebuah kereta api Kanada, Jumat (9/5), akibat penyakit misterius dengan gejala-gejala seperti flu berat.
Jurubicara kepolisian Marc Depatie mengatakan kepada televisi CTV, tujuh penumpang yang berada di kereta-api VIA Rail di kawasan Gunung Rocky, Jasper, Alberta, jatuh sakit, dan seorang wanita yang berusia 60 tahun meninggal. Seorang penumpang lain diangkut dengan pesawat terbang untuk dirawat di rumah sakit.

"Satu orang dipastikan telah meninggal. Kami menunggu para petugas dengan pakaian pelindung... datang ke lokasi kejadian dan naik kereta-api itu untuk menetapkan penyebab pasti mengenai apa yang telah terjadi," katanya.

"Tujuh orang menunjukkan gejala-gejala flu atau kondisi seperti flu. Selain itu, tidak ada lagi orang di kereta-api itu yang kami ketahui mengalami gangguan medis," tambah jurubicara itu.

Para pejabat mengatakan, KA tujuan Toronto itu dikarantina di Foleyet, kawasan yang jarang penduduk di Ontario utara, dan tidak seorang pun diizinkan masuk, kecuali petugas darurat.

"Saat ini kami juga bergerak aktif untuk menjaga lokasi itu sehingga tidak ada ancaman lebih lanjut pada keselamatan masyarakat, dan karena itu lah aparat-aparat kami ditempatkan seperti itu," kata Depatie kepada televisi CP-24.

KA VIA Rail trans-Kanada terkenal bagi para wisatawan, banyak dari mereka naik kereta-api itu di Vancouver, British Columbia atau Jasper, untuk melakukan perjalanan menakjubkan melewati kawasan Gunung Rocky.

Sejumlah pejabat mengatakan, mereka tidak mengetahui penyebab penyakit itu, namun ahli mikrobiologi Donald Low di Mount Sinai Hospital Toronto mengatakan kepada CTV, ia mencurigai influenza.

"Ini jelas-jelas menunjuk pada sesuatu seperti influenza... Mungkin ini kejadian sangat akut, sejumlah individu sakit dengan gangguan pernapasan," kata Low, yang memainkan peranan penting dalam pengendalian wabah SARS (Sindrom Pernapasan Akut Parah) di Toronto pada 2003.

"Kami tidak berbicara tentang SARS, kami tidak berbicara tentang avian influenza... Kami melihat hal seperti ini terjadi di kapal-kapal pesiar dan keadaan-keadaan lain dimana anda melihat banyak orang berkumpul dalam batas-batas berdekatan," katanya.


SAS Sumber : Antara
Dikutip dari Kompas Online

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN