SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Wednesday, July 29, 2009

Tambah 28, Penderita Flu Babi di Indonesia Jadi 444

Jakarta - Jumlah penderita virus influenza A H1N1 (flu babi) di Indonesia bertambah 28 pasien. Sehingga secara kumulatif ada 444 kasus flu babi yang menyebar di sejumlah provinsi.

"Hari ini kasus baru positif influenza A H1N1 tambah 28 orang. Terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan," kata Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Tjandra Yoga Aditama, dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (29/7/2009).

Dikatakan dia, tambahan kasus baru itu berasal dari 7 provinsi, yaitu DKI Jakarta (13), Jawa Timur (5), Yogyakarta (3), Jawa Barat (3), Banten (2), Bali (1) dan Sulawesi Utara (1).

Pasien yang terjangkit seluruhnya merupakan warga negara Indonesia (WNI). 4 Orang di antaranya diketahui memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri (3 kasus ke Singapura dan 1 Kasus ke Thailand).

"Influenza A H1N1 ditularkan melalui kontak langsung dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin atau benda-benda yang pernah bersentuhan dengan penderita. Karena itu, penyebarannya sangat cepat. Namun, angka kematiannya rendah, sekitar 0,4 persen," jelasnya.

Tidak lupa Tjandra mengingatkan, masyarakat dapat mencegah penularan flu babi dengan berperilaku hidup bersih dan sehat. Antara lain mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik dan menutup hidung dengan sapu tangan atau tisu bila bersin.

"Jika ada gejala influenza minum obat penurun panas, gunakan masker dan tidak ke kantor/sekolah/tempat-tempat keramaian serta beristirahat di rumah selama 5 hari. Apabila dalam 2 hari flu tidak juga membaik segera ke dokter," pungkasnya.

(irw/irw) Irwan Nugroho - detikNews

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN