SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Monday, May 11, 2009

Turis Belanda yang Demam di Bali Cenderung Tak Idap Flu Babi

Denpasar - Wisatawan Belanda yang dirawat di RSU Sanglah karena menderita demam tinggi, hanya sakit ringan. "Cenderung bukan H1N1," kata Dirjen P2PL Depkes Prof Tjandra Yoga Aditama.

Hal itu dikatakan Tjandra dalam pesan tertulisnya Senin (11/5/2009). Seperti diberitakan, turis asal Belanda Michelle van Derson (32) yang berwisata ke Bali diduga terjangkit flu babi. Kini ia tengah menjalani perawatan intensif di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Michelle mendarat di Bandara Ngurah Rai menggunakan pesawat Malaysia Airlines MH 715. Pesawat Airbus 330 yang mengangkut 137 penumpang serta 12 awak, Minggu (10/5/2009). Saat masih di dalam pesawat, Michelle yang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur-Denpasar itu mengeluh mengalami sakit yang gejalanya mirip flu babi, yaitu demam dan nyeri tenggorokan. Kondisinya tersebut disampaikan kepada kapten pilot pesawat.

Sesaat setelah pesawat terparkir, petugas kesehatan bandara bergegas masuk ke dalam pesawat untuk mengevakuasi Michelee dan melarikannya ke RSUP Sanglah. Ratusan penumpang lainnya dibekali dengan masker.

Di RSUP Sanglah, Michelle menjalani perawatan di ruang Isolasi Nusa Indah. Michelle menjalani pemeriksaan secara khusus karena ia memiliki riwayat berasal dari negara yang sudah dinyatakan positif terjangkit flu H1N1.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan di RS sampai pagi ini maka pasien sakitnya ringan sekali, sudah tidak ada demam sama sekali, sel darah putih (leukosit) normal, kini masih ditunggu hasil lab lain,tetapi memang cenderung bukan H1N1," jelas Tjandra.

Tjandra juga menuturkan, seluruh proses ini menunjukkan kewaspadaan dan kehati-hatian kita dan Standard Operating Procedure (SOP) kita yang sudah berjalan baik, mulai dari pilot, tower, KKP , RS dan laboratorium.

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2009/05/11/081856/1129229/10/turis-belanda-yang-demam-di-bali-cenderung-tak-idap-flu-babi

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN