SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Wednesday, May 13, 2009

Flu Babi Bikin WHO Bingung

INILAH.COM, Jenewa - Badan Kesehatan Dunia (WHO) masih bingung dengan infuenza A(H1N1) atau yang lebih dulu dikenal dengan flu babi. Pernyataan yang mereka keluarkan selalu berbeda, mulai dari menenangkan hingga membuat masyarakat sport jantung.

Meningkatnya jumlah konfirmasi kasus flu A di berbagai negara membuat WHO mengumumkan potensi pandemi global. Awal pekan ini, Asisten Dirjen WHO Keiji Fukuda mengatakan terlalu awal untuk melihat apakah memang benar demikian.

Esok harinya, Selasa (12/5), Fukuda menyimpulkan flu A rantai Meksiko ini lebih menular ketimbang flu musiman biasa (H3N2). Menurutnya, hampir semua penduduk dunia kurang imun terhadap penyakit baru ini.

Dalam laporan terbaru WHO, seperti dikutip Press TV, Rabu (13/5), virus flu A subtipe H1N1 ini bisa bermutasi ke rangkaian yang lebih berbahaya. Rangkaian ini berpotensi pandemi yang akan mengglobal dalam 2-3 gelombang serangan.

Senada dengan WHO, Imperial College London melaporkan flu A memiliki potensi pandemi tingkat tinggi yang akan menginfeksi sepertiga jumlah populasi dunia dalam jangka waktu 6-9 bulan mendatang. Satu dari tiga orang diperkirakan akan terinfeksi, terutama yang memiliki kontak dengan pasien H1N1.

Meski begitu, WHO menyatakan dampak pandemi flu A ini akan berbeda di setiap negara. Di negara yang memiliki sistem kesehatan kuat, bisa menjadi virus yang jinak. Sebaliknya akan menjadi virus ganas di negara dengan sistem kesehatan yang rendah. [L1]

Sumber : http://www.inilah.com/berita/gaya-hidup/2009/05/13/106634/flu-babi-bikin-who-bingung/

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN