SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Thursday, May 1, 2008

Hati-hati dengan Ayam Mati

30 Apr 2008

Sampai saat ini sumber penularan virus Flu Burung (H5N1) masih dari unggas ke manusia. Buktinya MS (L, 3 th) sebelum dinyatakan positif Flu Burung berdasarkan pemeriksaan laboratorium Badan Litbangkes dan Lembaga Eijkman, Jakarta, juga kontak dengan ayam mati. Diketahui 10 ekor ayam mati mendadak di sekitar tempat tinggalnya.

MS warga Desa Bero, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah mulai sakit dengan gejala sesak nafas sejak 17 April 2008. Tanggal 23 April 2008 yang bersangkutan dibawa ke RS Muwardi Solo, namun jiwanya tidak tertolong dan meninggal pada hari yang sama.

Berdasarkan laporan Posko Flu Burung Ditjen P2PL, Tim Depkes dan Deptan telah turun ke lokasi untuk melakukan investigasi lanjut terhadap riwayat kontak.

Oleh karena itu, masyarakat harus waspada terhadap unggas yang berkeliaran di sekitar rumah atau di lingkungan yang dikunjungi. Unggas perlu dikandangkan serta dijaga kebersihan kandangnya. Jika tampak unggas yang sakit atau mati, hindari kontak dan segera laporkan pada petugas peternakan atau kepala desa setempat. Jika ada warga yang menampakkan gejala seperti gejala influenza (demam, suhu tubuh tinggi, batuk) apalagi jika di lingkungan sekitar terdapat unggas, segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Untuk menghindari tertular virus Flu Burung perlu diperhatikan:

o ·Jangan sentuh ayam, bebek, dan unggas yang sakit atau mati,

o ·Cuci pakai sabun, tangan dan peralatan masak anda,

o ·Pisahkan unggas dari manusia,

o ·Periksakan ke Puskesmas jika ada gejala flu & demam setelah berdekatan dengan unggas,

o ·Gunakan sarung tangan, penutup mulut dan hidung saat memegang unggas,

o ·Jangan memakan unggas yang sakit atau mati,

o ·Sembelih, bakar, kubur unggas yang sakit atau mati,

o ·Jangan biarkan anak-anak bermain dengan unggas.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faks: 52960661, 52907421 atau e-mail puskom.publik@yahoo.co.id.

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN