SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Sunday, September 13, 2009

Wabah Kolera Hajar Afghanistan

Kabul - Wabah penyakit kolera merebak sekurangnya di sepuluh provinsi di Afghanistan, Kementerian Kesehatan setempat mengumumkan hari ini (13/9/2009), dikutip detikcom dari Algemeen Dagblad dari ANP.

Tercatat sudah 650 kasus korban penyakit sangat menular itu, termasuk di ibukota Kabul, namun sejauh ini wabah kolera masih terkendali dan belum ada laporan korban tewas.

Pemerintah Afghanistan mengatakan bahwa saat ini sejumlah personel tambahan dan obat-obatan sudah dikirim ke wilayah-wilayah yang dilanda kolera.

Kolera akan muncul dan cepat menyebar jika higiene dan sanitasi sangat buruk. Wabah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae itu juga pernah melanda Indonesia di akhir 70-an, termasuk Jawa Tengah dan menelan banyak korban tewas.

Eddi Santosa - detikNews (es/es)

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN