SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Thursday, September 24, 2009

Semprot Hidung untuk Flu A-H1N1

ATLANTA, KOMPAS.com
Dosis-dosis pertama vaksin penangkal flu A-H1N1 kemungkinan besar tersedia dalam bentuk semprotan hidung. Demikian disampaikan pejabat kesehatan setempat di Atlanta. Pemerintah Atlanta mernyebutkan, vaksin ini akan tersedia awal Oktober, dengan perkiraan dosis mencapai 3,4 juta.
Saat ini, semprotan ini disetujui untuk dipakai mereka yang yang sehat usia 2 hingga 49 tahun, jelas Dr. Jay Butler, salah satu pejabat Centers for Disease Control and Prevention.
Semprotan hidung yang disebut FluMist, tidak direkomendasikan untuk mereka yang menderita flu A-H1N1 parah dengan komplikasi, termasuk wanita hamil, anak-anak di bawah 2 tahun, penderita asma dan penyakit pernapasan kronis lain.
Semprotan hidung ini memang baru digunakan di Amerika Serikat dan bermanfaat untuk melemahkan strain virus bakal dibagikan ke 90.000 tempat, termasuk sekolah dan klinik se-AS.
Pemerintah sendiri telah memesan sekitar 195 juta dosis dan akan memesan lagi bila tidak mencukupi kebutuhannya. Tentu, ini merupakan kabar bagus kalau vaksin ini segera disebar luaskan, jelas Butler.
FluMist didesain memang untuk anak-anak, tetapi juga efektif untuk orang dewasa. Wakil Direktur CDC Divis Influenza Dr. Daniel Jernigan mengatakan bahwa tidak ada perbedaan berarti soal efek kerjanya untuk usia-usia tersebut. "Lebih baik ada vaksi daripada tidak, bukan?" tambahnya.Kurang dari 100 juta warga Amerika menderita flu tiap tahun dan kemungkinan dengan adanya wabah A-H1N1 situasi ini akan makin merepotkan.
Sekitar 21 negara bagian sekarang dilaporkan sudah terserang flu ini.Meski tidak seganas flu biasa, tapi mudah menyerang terutama pada anak-anak muda. Karena, kasus flu musiman biasa sudah mencapai 200.000 yang masuk rumah sakit dan menyebabkan kematian sampai 36.000.
Sumber : Kompas OL

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN