SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Wednesday, September 2, 2009

Virus H1N1 Kalahkan Virus Flu Lain

Rabu, 2 September 2009 11:30 WIB

KOMPAS.com - Kekhawatiran akan terjadinya "koalisi" virus A-H1N1 dengan virus influenza strain lainnya ternyata tidak terbukti. Riset terkini membuktikan, bila virus H1N1 dimasukkan dalam ruangan yang berisi strain virus influenza lain, mereka tidak akan bergabung menjadi virus baru karena virus H1N1 akan mengambil alih dominasi.
Demikian hasil riset terbaru yang dilaporkan para peneliti dari Universitas Maryland, AS. Dalam penelitiannya para peneliti menginfeksi hewan sejenis musang dengan virus H1N1. Meski tidak terjadi koalisi virus, tapi hewan yang terinfeksi dua jenis virus flu tersebut mengalami gejala yang parah dan lebih mudah menularkan virus, atau yang oleh para peneliti disebut sebagai virus H1N1 2009.
Dari hasil penelitian ini, tak heran bila kini virus H1N1 menjadi strain virus influenza yang paling dominan di dunia. Para peneliti juga tak terlalu khawatir lagi virus yang bergabung dan bermutasi menjadi virus baru yang lebih ganas. Kini yang jadi perhatian para ahli adalah bagaimana virus H1N1 ini dengan cepatnya menyebar ke berbagai negara."Hasil studi ini menunjukkan bagaimana virus H1N1 2009 mengungguli virus influenza lainnya dan menjadi lebih mudah menular.
Meski penelitian ini masih awal, namun menegaskan perlunya vaksinasi virus flu segera," kata Dr Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Disease, AS.Meski tidak terbukti adanya koalisi virus influenza, namun Kepala Laboratorium Flu Burung Universitas Airlangga, Surabaya, CA Nidom, mengatakan yang perlu dikhawatirkan adalah koalisi antara virus flu A-H1N1 dengan virus H5N1. Bila terjadi koalisi dua virus itu, dikhawatirkan muncul virus baru yang sangat ganas dan mudah menular. Karena itu Nidom berpendapat pemerintah seharusnya mulai melakukan pemetaan daerah mana yang memungkinkan terjadi koalisi kedua virus itu (Kompas, 17 Juli 2009).
Sumber : Kompas OL

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN