SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Thursday, July 9, 2009

WHO Nyatakan Virus H1N1 Tak Bisa Dihentikan

Kamis, 09 July 2009 14:37 WIB

Jakarta, (tvOne)

Menteri Kesehatan, Siti Fadillah Supari mengatakan, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) menyatakan penyebaran virus H1N1 tidak dapat dihentikan.

"Untuk itu, WHO meminta negara-negara menghentikan upaya pencegahan," kata Siti Fadillah, seperti dilansir dari VIVAnews.com, Kamis (8/7/2009).

Pencegahan yang dihentikan menurut WHO, kata Siti, seperti pemasangan thermal scanner di bandara dan pelabuhan. "Australia sudah melakukan ini," kata Siti. Meski demikian, Thailand, Cina dan Indonesia masih memberlakukan hal ini.

"Langkah pencegahan masih terus dilakukan," kata dia. Termasuk isolasi dan penggunaan thermal scanner. Pernyataan WHO tersebut terkait dengan kasus resistensi Oseltamivir atau tummy flu dalam pengobatan flu babi yang ditemukan di Amerika Serikat dan Jepang.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Tjandra Yoga Aditama menambahkan Indonesia masih tetap menggunakan Oseltamivir sebagai pengobatan. Tren penyakit ini, kata dia, "Seperti pada umumnya dapat sembuh sendiri." Kasus yang terjadi di Indonesia pun, Tjandra melanjutkan sangat ringan.

Mengenai resistensi, Tjandra tidak khawatir. "Itu terjadi tergantung daerahnya" kata dia. "Bisa saja di Jepang resisten di Indonesia tidak." Penyebabnya, lanjut dia, terkait dengan Jepang sudah lama menggunakan tummy flu sebagai obat flu. "Indonesia kan baru-baru ini saja," kata Tjandra.

Hingga saat ini, Indonesia mencatat ada 24 kasus baru. "Sampai dengan 9 Juli ada 52 kasus," lanjut Siti. Kasus baru terdiri dari BB (L 44 tahun), De (P 32 th) dirawat di RS Hasan Sadikin Bandung. AA (L, 14 tahun), TS (P 32 tahun, SR (L, 19 th), BC (P 17 th), AR (P 19 th), LM (P, 26 th), Vi (L, 21 th), Sa (P 8 th), DS (L 13 th), Ke (L 12 tahun), He (l 31 tahun), GI (L 11 tahun), dirawat di RS Suslianti Saroso. Sementara sisanya dirawat di RS Kanujoso Djati, Balikpapan, RS Adam Malik, RS Siloam Kebun Jeruk dan RSPAD Gatot Subroto. (VIVAnews.com) ed

Sumber : http://www.tvone.co.id/berita/view/17797/2009/07/09/who_nyatakan_virus_h1n1_tak_bisa_dihentikan

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN