SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Monday, July 6, 2009

Virus H1N1: Ketatnya Pemeriksaan bagi Pendatang di Beijing

Irwan Nugroho - detikNews

Beijing - China adalah salah satu negara yang melaporkan adanya kasus suspect flu H1N1 (flu babi). Kasus pertama terjadi pada 9 Mei lalu pada pria bernama Bao, yang baru saja tiba di Chengdu dari Amerika Serikat (AS) via Tokyo. Kini pemeriksaan terhadap setiap pendatang ke negara itu pun masih terus dilakukan.

Seperti tampak di Beijing Capital International Airport pada Minggu, 5/7/2009). Pemeriksaan tersebut dilakukan bahkan secara berlapis. Contohnya kepada penumpang pesawat Singapore Airlines SQ 810, yang tiba di bandara tersebut pukul 23.00 waktu setempat.

Namun, pada saat hendak naik ke pesawat itu pun, penumpang telah diberi form pernyataan bebas dari virus H1N1. Di form tersebut penumpang antara lain diminta mengisi identitas dan nomor penerbangan. Kemudian ada pertanyaan mengenai dimana tempat bermukim dalam seminggu sebelumnya.


Yang lebih penting tentu saja pertanyaan apakah sebelumnya pernah menjalin kontak dengan penderita virus H1N1. Penumpang juga diminta menuliskan penyakit-penyakit ringan yang mungkin sedang diderita, misalnya sakit kepala.

Pihak Singapore Airlines rute penerbangan Singapura-Beijing itu juga membagikan brosur sederhana berisi pemberitahuan bahwa setibanya di Beijing, para penumpang akan dicek secara fisik. Penumpang yang mempunyai suhu tubuh di atas 37 deracat celcius akan dikarantina selama 7 hari.

Begitu pesawat telah mendarat, para penumpang tidak dapat langsung turun, melainkan tetap duduk di seat masing-masing. Kemudian, sejumlah petugas masuk ke dalam pesawat dan memeriksa suhu tubuh penumpang menggunakan alat mungil mirip senter yang disorotkan ke dahi.

Lolos dari pemeriksaan di dalam pesawat tersebut, para penumpang akan melalui alat pemantau suhu tubuh yang terpasang di pintu kedatangan (departure). Form yang sebelumnya diisi juga akan dicek oleh petugas bandara, yang kompak memakai masker. Setelah semuanya dinyatakan clear, penumpang baru bisa keluar dari bandara.

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2009/07/06/012625/1159416/10/ketatnya-pemeriksaan-bagi-pendatang-di-beijing

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN