SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Friday, February 20, 2009

Indonesia Termasuk Negara Endemik Hepatitis B


 

Penulis : Eriez M Rizal

BANDUNG--MI: Indonesia termasuk negara endemik hepatitis B dengan jumlah yang terjangkit antara 2,5% hingga 36,17% dari total jumlah penduduk.

Mahalnya vaksin menjadi pemicu bertambahnya jumlah warga yang terjangkit virus tersebut.

Direktur Utama PT Bio Farma Isa Mansyur, Kamis (12/2), mengatakan langkah awal untuk mengantisipasi merebaknya virus tersebut pihaknya akan melakukan vaksinasi gratis kepada pelajar tidak mampu.

"Setidaknya dengan kegiatan ini (vaksinasi gratis), penyebaran hepatitis B di Indonesia bisa diminimalisasi," katanya pada acara Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) yang melibatkan tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertajuk PKBL Jawa Barat Peduli Kesehatan di Gedung Serbaguna Kantor PT Bio Farma, Badung.

Ke-7 BUMN yang turut serta dalam pencanangan tersebut yaitu PT Bio Farma, PTPN VIII, PT Jamsostek, Perum Jasa Tirta II, PT Angkasa Pura II, dan Industri Sandang Nusantara dan Bank BRI.

Ia mengatakan, sekarang kesadaran orang tua dalam memberikan vaksin kepada anak cukup tinggi. Namun yang menjadi kendala masih mahalnya harga vaksin, sehingga mereka membiarkan anaknya terkena virus tersebut. "Padahal, pemberian vaksin bisa mencegah terjadinya penularan hepatitis B," jelasnya.

Vaksin Hepatitis B gratis rencananya akan diberikan pada 5.000 siswa sekolah menengah atas (SMA) dengan alokasi dana sekitar Rp1 miliar. Untuk tahap awal vaksinasi Hepatitis B diberikan secara gratis pada 780 siswa dari 16 SMA dengan nilai Rp156 juta. (EM/OL-01)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/index.php?ar_id=NjA0NTk=

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN