SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Friday, April 25, 2008

Simulasi Penularan Flu Burung Antar Manusia Digelar di Bali

25/04/2008 08:15 WIB

Departemen Kesehatan menggelar simulasi penanggulangan penularan virus flu burung (H5N1) di Bali. Skenario simulasi ini menggambarkan penanggulangan penyebaran virus yang terjadi dari unggas kepada manusia yang kemudian berkembang antar manusia, atau yang disebut episenter pandemi influenza.

"Dalam simulasi ini akan dilakukan beberapa kegiatan selama dilakukannya penanggulangan episenter, seperti surveilans untuk deteksi dini dan pelacakan kontak, rujukan ke rumah sakit, tata laksana kasus di Puskesmas dan RS, karantina rumah dan wilayah, rofilaksis masal, komunikasi risiko, pengamanan perimeter," kata Direktur P2ML Departemen Kesehatan RI Tjandra Yoga Aditama dalam rilis yang diterima detikcom, Jumat (25/4/2008).

Menurut Yoga, simulasi ini akan digelar 25-27 April 2008 di Kabupaten Jembrana, yang menurut skenario, menjadi tempat penularan antar manusia. Selain itu di Desa Dangin Tukadaya, Rumah Sakit Negara, di Kabupaten Jembrana, Rumah Sakit Tabanan, Rumah Sakit Sanglah, dan Bandara Internasional Ngurah Rai.

Simulasi ini dibagi dalam 3 hari. Simulasi pertama yang menggambarkan adanya dugaan penularan antar manusia/adanya sinyal epidemiologi yang kemudian bupati dan sektor terkait melakukan penanggulangan seperlunya.

Selanjutnya hasil virologis menunjukkan mutasi virus H5N1 menjadi virus yang menular antar manusia. Setelah WHO berkonsultasi dengan pemerintah Indonesia, diputuskan perubahan fase pandemi dunia dari fase 3 menjadi fase 4 (di Indonesia fase 4/5B karena episenter terjadi di Indonesia).

Pemerintah melakukan penanggulangan dan menetapkan karantina wilayah sampai dengan tidak ditemukan lagi kasus baru dalam waktu 2 minggu sejak kasus terakhir yang dalam simulasi ini terjadi.

Pelabuhan (darat, laut dan udara) melakukan kegiatan pengawasan lalu lintas orang an barang yang akan keluar dari daerah penanggulangan, dan kemudian akan dapat ditutup sesuai kebijakan pemerintah. ( mly / nrl )

Sumber : Melly Febrida - detikcom

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN