SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Wednesday, April 16, 2008

11 Kecamatan di Jakarta Rawan Flu Burung

Selasa, 15 April 2008 20:04 WIB

JAKARTA--MI: Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan DKI Jakarta menyatakan 11 kecamatan di Jakarta rawan flu burung. Di lokasi-lokasi itu petugas masih menemukan banyak unggas yang berkeliaran di kawasan permukiman.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan DKI Edy Setiarto di Balai Kota, Selasa (15/4). Ke-11 Kecamatan itu adalah Pesanggrahan dan Kebayoran Lama di Jaksel, Cakung, Pulo Gadung, Matraman, dan Duren Sawit (Jaktim), Cengkareng dan Kalideres (Jakbar), Johar Baru dan Senen (Jakpus) dan Cilincing (Jakut).

Edy mengklaim, kondisi saat ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. "Tahun 2007, jumlah kecamatan yang teridentifikasi rawan flu burung mencapai 19," ujarnya.

Sepanjang tahun ini, Pemprov DKI sudah memusnahkan 30.938 unggas. Tahun 2007, jumlah unggas yang dimusnahkan mencapai 78.471 ekor. Sementara unggas yang disertifikasi tahun ini mencapai 50.215 ekor, tahun lalu 68.484 ekor.

Untuk menekan penyebaran virus flu burung, Pemprov DKI akan memusatkan lokasi pemotongan dan penampungan unggas di enam lokasi rumah pemotongan unggas (RPU), yaitu di Rawa Kepiting, Cakung, dan Pulo Gadung di Jaktim, Srengseng (Jakbar), Jagakarsa (Jaksel) dan Marunda (Jakut).

RPU di Srengseng sudah beroperasi, sementara RPU Rawa Kepiting, Cakung dan Pulo Gadung masih dalam pembangunan. Sedangkan RPU Jagakarsa dan Marunda dalam proses pembebasan lahan.

Saat ini masih terdapat 219 tempat penampungan unggas dan 1.153 tempat pemotongan unggas yang tersebar di seluruh Jakarta. (BT/OL-06)

Sumber : Media Indonesia

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN