SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Tuesday, October 9, 2007

Tujuh Warga Labuhan Deli Suspect Flu Burung

Medan, WASPADA Online

Tujuh Warga Labuhan Deli Suspect Flu Burung

Tujuh warga Kecamatan Labuhan Deli yang dicurigai suspect flu burung masuk ruang isolasi gedung flu burung RSUP H Adam Malik Medan menjalani perawatan intensif, Sabtu (6/10) malam. Sebelumnya juga diketahui seorang warga Percut Sei Tuan dicurigai suspect flu burung menjalani perawatan di rumah sakit itu.Informasi yang dihimpun Waspada, Minggu (7/10), ketujuh warga tersebut berinisial MR, 34, SY, 3, SK, 43, ID, 4, SN, 23, SM, 52, dan WT, 36 yang semuanya warga salah satu dusun di Kec. Labuhan Deli, Kab. Deli Serdang. Dari semua warga yang dicurigai suspect flu burung mengalami demam antara 36-38 derajat celcius.Menurut keterangan dari salah seorang perawat jaga, ketika pasien tersebut masuk ke RSUP HAM dalam kondisi lemah mengalami demam mencapai 36, 5 derajat celcius, filek, batuk dan sesak nafas serta tidak ada selera makan. Bahkan, seorang di antaranya mengalami demam tingggi mencapai 38 derajat celcius. Dari keterangan keluarga, berawalnya demam tersebut ketika didapati ternak unggas jenis ayam sekitarnya mati mendadak beberapa hari lalu. Ketika itu warga tersebut sempat memegang ayam yang mati mendadak itu. Dari hasil pemeriksaan tim Dinas Peternakan, ayam yang mati di sekitar tersebut positif terjangkit virus flu burung.Direktur RSUP HAM drg Armand P Daulay, M.Kes melalui Humas Sinar Ginting ketika dikonfirmasi membenarkan adanya tujuh warga Kec. Labuhan Deli mendapat perawatan intensif di ruang isolasi gedung flu burung karena dicurigai suspect flu burung. Namun, sejauh ini belum diketahui apakah warga tersebut positif terjangkit flu burung dan menunggu hasil sample darah yang sudah diambil. (h10)
Sumber :
Selasa, 09 Oktober 2007 10:37 WIB

7 Sampel Darah Suspect Flu Burung Dikirim Ke Jakarta

Medan, WASPADA Online
Sampel darah dan cairan tenggorokan milik tujuh pasien suspect flu burung asal Dusun 6, Desa Telaga 7, Kec. Labuhan Deli, Kabupaten Deliserdang telah dikirim ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan laboratorium Depkes RI."Sampel darah dan cairan tenggorokannya sudah dikirim ke Puslitbangkes Depkes RI, Sabtu (6/10) dan menjalani pemeriksaan di laboratorium mulai Senin (8/10). Kita upayakan sebelum lebaran, hasilnya sudah diketahui," kata Kasubdin Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Sumut dr Surya Dharma kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (8/10).Mengenai kondisi tujuh korban, Surya mengatakan mereka masih menjalani perawatan di RSUP H Adam Malik Medan sejak Jumat (5/10) malam. Surya menambahkan, Dinas Kesehatan Sumut menurunkan tim gerak cepat ke 10 kabupaten/kota yang dinyatakan pernah menjadi tempat penyebaran flu burung. Hal ini dilakukan setelah tujuh warga Dusun 6, Desa Telaga 7,Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deliserdang dan seorang penduduk Jln Al Rido Pasar VIII, Tembung, Kabupaten Deliserdang, dinyatakan menderita suspect flu burung."Tim ini sudah dilatih oleh tenaga profesional untuk penanganan flu burung terutama pada manusianya yang menjadi korban. Selanjutnya tim tersebut akan bekerja di 10 Kabupaten/Kota," ujar Surya. Menurut Surya, 10 kabupaten/kota yang menjadi sasaran tim gerak cepat itu adalah, Langkat, Deliserdang, Medan, Karo, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Asahan, Serdang Bedagai dan Tapanuli Tengah. "10 Kabupaten/kota ini juga mendapat bantuan dari WHO. Sementara daerah lainnya masih di bawah koordinasi agar tidak terjadi penyebaran flu burung," tambahnya.Selama periode Januari - awal Oktober 2007, jumlah kasus suspect flu burung di Sumut mencapai 21 orang dan seorang di antaranya penduduk Lau Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang positif dan meninggal. "Kita terus melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya flu burung kepada masyarakat," ujar Surya.Seperti diberitakan, virus Avian Influenza (AI) kembali menyerang warga Kabupaten Deliserdang. Akibatnya 7 orang penduduk Dusun 6 Desa Telaga 7 Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deliserdang dilarikan ke RSUP H Adam Malik Medan, Jumat (5/10) malam sekitar pukul 23:00.Ketujuh pasien suspect flu burung itu yakni MR, 7, Su, 3, Suk, 52, S, 43, Hen, 15, Sur, 23, dan Wa, 46, telah menjalani perawatan intensif di gedung Isolasi Flu Burung RSUP H Adam Malik Medan. Sebelumnya, seorang pria berinsial, F, 42, penduduk Jln Al Rido Pasar VIII, Tembung, Kabupaten Deliserdang, Jumat (5/10) pagi sekira pukul 05:30 juga dilarikan ke RSUP H. Adam Malik karena menderita suspect flu burung. (m26)

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN