SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Friday, August 20, 2010

Lima Negara Bagian Malaysia Terserang Wabah Flu Baru

TEMPO Interaktif, Kuala Lumpur - Sebanyak lima negara bagian di Malaysia terserang tujuh wabah flu baru atau influenza-like illness (ILI). Hal tersebut diketahui dari 13 kluster virus yang ditemukan pekan lalu.
Tujuh jenis wabah flu baru itu sangat erat hubungannya dengan jenis flu A atau H1N1. Menurut Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Mohd Ismail Merican sejak 8 hingga 14 Agustus 2010, terjadi kenaikan jumlah kasus akibat H1N1 dan variannya.
Dia mencatat, dari 51 kasus baru H1N1 yang ada pekan lalu, pada 14 Agustus kemarin naik menjadi 64 kasus, atau meningkat 25 persen. Sementara akumulasi jumlah penderita positif H1N1 di Malaysia hingga saat ini tercatat 15.584 orang, dengan 92 orang diantaranya tewas.
Sementara tentang wabah ILI, pihaknya juga mencatat jumlah penderita yang berhasil disembuhkan. "Mereka (penderita) datang beserta ciri-ciri yang serupa dengan keluhan penyakit ILI. Namun dari 563 orang pasien yang datang pada bulan ini, pekan lalu tercatat tinggal 513 orang, atau turun 8,9 persen," ungkap Merican.
Menurutnya, pekan ini sedikitnya 60 rumah sakit di lima negara bagian itu telah menerima 360 orang penderita wabah ILI. Dari jumlah itu, hanya 9,4 persen yang positif H1N1," ungkapnya.

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN