SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Tuesday, March 30, 2010

Pembentukan Komnas Zoonosis Disepakati

JAKARTA--MI: Dalam Rakor yang membahas tindak lanjut Komnas Flu Burung dan Pengendalian Influenza (FBPI), Selasa (23/3), Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono beserta peserta rapat lainnya menyetujui adanya pembentukan Komnas Zoonosis untuk memperluas kerja Komnas FBPI yang masa tugasnya berakhir beberapa waktu lalu.
"Saya setuju jika ini diteruskan, dan semua juga menyepakatinya. Penyakit-penyakit yang berasal dari binatang seperti unggas, tikus, dan kelelawar sangat berbahaya, apalagi jika sudah menyangkut manusia. Komnas Zoonosis menangani masalah yang berkaitan dengan penyakit-penyakit yang berasal dari binatang, baik antar binatang maupun dari binatang ke manusia," ujar Agung Laksono.
Komnas Zoonosis yang nantinya akan diketuai oleh Menko Kesra bertugas melakukan pengendalian yang bersifat kordinasi. Misalnya, ada bencana yang berkaitan dengan zoonosis, maka Komnas Zoonosis yang akan bergerak. Selain itu, Komnas Zoonosis juga bertugas untuk melakukan pencegahan, pengendalian dan promosi.
"Melalui promosi, kita bisa memberikan informasi mengenai bagaimana cara mencegah penyakit zoonosis, misalnya saja dengan mencuci tangan sebelum makan dan bagaimana cara hidup sehat," tambah Agung. Komnas Zoonosis penting dibentuk sebagai usaha untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh zoonosis.
Hal ini juga diungkapkan oleh Ketua Pelaksana FBPI Bayu Krisna Mukti. "Kuncinya adalah pengendalian dan pencegahan. Untuk pencegahan, masyarakat harus memiliki pengetahuan yang cukup, paling tidak mereka tahu bagaimana cara menjaga kebersihan," kata Bayu.
Menurutnya, dampak dari penyakit yang berasal dari hewan unggas, tikus, dan kelelawar tidak hanya pada kesehatan dan kematian, tetapi juga pada perekonomian dan pertanian. "Seperti kasus rabies di Bali, itu memengaruhi jumlah wisatawan yang datang ke Bali," ujarnya.
Sumber :http://www.mediaindonesia.com/read/

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN