SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Friday, October 9, 2009

Penyakit Aneh Serang Perempuan Zambia

Jumat, 9 Oktober 2009 | 11:36 WIB

LUSAKA, KOMPAS.com - Penyakit aneh yang hanya menyerang persendian kaum perempuan dan membuat mereka tak bisa berdiri tanpa bantuan dijumpai di Provinsi Luapula, Zambia

Penyakit aneh, yang disebut "dwarf", itu telah menyebar di daerah Chembe di Provinsi Luapula dan hanya menyerang perempuan dan anak perempuan, sehingga mereka tak bisa berdiri tanpa bantuan. Teleshi Lewando, seorang pegawai di Pusat Kesehatan setempat, mengatakan kepada anggota parlemen dari daerah tersebut, Mwansa Mbulakulima, yang sedang berkunjung, bahwa penyakit itu "tidak serius" dan semua pasien dapat disembuhkan setelah tiga hari.

Ia mengatakan penyakit tersebut pertama kali menyebar di sekolah menegah Kabunda. Sejumlah siswi di sekolah itu telah menderita penyakit tersebut. Semua orang yang terserang hanya diberikan obat Panadol.

Tetapi anggota parlemen itu mengatakan meskipun penyakit tersebut tidak serius, para ahli kesehatan perlu menyelidiki mengapa penyakit itu hanya menyerang anak perempuan dan kaum perempuan. "Ya, kita telah diberitahu bahwa penyakit ini -dwarf- tidak serius, tapi kemudian kita tak boleh terlena karena jaminan itu, malah kami mesti bekerja keras untuk menemukan kebenaran mengenai penyakit tersebut," kata Mbulakulima kepada para pekerja kesehatan.

Sumber : ANT http://m.kompas.com

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN