SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Friday, October 2, 2009

Flu A-H1N1, Korban Tewas karena Infeksi Bakteri

KOMPAS.com -

Infeksi bakteri banyak ditemukan pada korban tewas akibat virus A-H1N1 di Amerika Serikat, diduga hal tersebut yang menyebabkan korban tewas. Para peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menganalisa contoh jaringan paru dari 77 korban tewas akibat H1N1 antara bulan Mei hingga Agustus tahun ini.
Peneliti menemukan terjadinya infeksi tambahan pada 22 korban (sekitar 29 persen), termasuk 10 yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae atau pnemokokus. Tujuh korban mengalami infeksi Staphylococcus aureus, enam terinfeksi Streptococcus pyogenes, dan dua terinfeksi Streptoccoccus mitis dan satu orang terinfeksi Haemophilus influenzae.
Infeksi ganda bakter patogen adalah faktor utama pada empat kasus kematian. Dari seluruh korban tewas, mereka dirawat selama 1-25 hari dengan rata-rata selama enam hari. Pada 41 korban, infeksi virus H1N1 baru dikonfirmasi sebelum kematian, sedangkan 36 lainnya setelah kematian.
Hasil riset ini sekaligus menyoroti pentingnya vaksin untuk mencegah infeksi pnemokokus. "Bagi mereka yang beresiko tinggi terkena komplikasi influenza diharapkan untuk menanyakan pada petugas kesehatan untuk mendapatkan vaksin pnemokukus saat divaksin influenza," kata Dr.Matthew Moore, ahli epidemiologi dari CDC.
Pnemokokus merupakan sekelompok penyakit yang disebabkan bakteri Streptococcus pneumoniae (pneumokukus). Bakteri ini bisa menginfeksi anak-anak maupun dewasa. Bayi baru lahir hingga usia dua tahun sangat rentan terserang pneumokokus.
Sumber : healthdaynews http://m.kompas.com

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN