SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Friday, August 28, 2009

Flu Babi Sudah Tulari Unggas

Jumat, 28 Agustus 2009 | 14:47 WIB

LONDON, KOMPAS.com -

Bukan main flu H1N1 alias flu babi ini! Soalnya, seturut temuan di Cile, flu babi bahkan sudah menulari unggas. Seturut catatan BBC pada Jumat (28/8), kekhawatiran makin merebak pasca kejadian itu. Soalnya, diduga, virus yang sudah menulari unggas tersebut malah makin berbahaya. Sebelumnya virus menular dari manusia ke babi. Meski demikian, flu babi tetap lebih berbahaya dari flu biasa.

Aman dimakan

Pemerintah Cile pertama kali melaporkan insiden penularan ini minggu lalu. Dua daerah peternakan unggas jenis kalkun tertular dekat kota pelabuhan Valparaiso.

Juan Lubroth, pejabat kepala kehewanan pada lembaga PBB untuk Pangan dan Pertanian (FAO), mengatakan, "Sekali unggas yang sakit pulih, produksi dan proses pengolahan unggas bisa dilanjutkan. Ini tidak mengancam penyediaan pasokan makanan."

Pemerintah Cile memberlakukan karantina sementara dan memutuskan membiarkan unggas yang terinfeksi pulih dengan sendirinya tapi tidak dimusnahkan. Muncul pendapat insiden ini menunjukkan adanya "tularan" dari pekerja peternakan yang sakit pada ayam kalkun tersebut.

Kanada, Argentina, dan Australia sebelumnya melaporkan meluasnya penyebaran virus H1N1 dari pekerja peternakan terhadap ternak babinya.

Jenis berbahaya

Munculnya situasi darurat akibat adanya jenis virus baru yang berbahaya sampai kini masih bersifat teoritis. Jenis virus yang berbeda bisa bercampur dalam sebuah proses yang disebut pemilahan atau rekombinasi genetis. Sejauh ini tidak ada kasus flu burung H5N1 pada unggas di Cile.

Meski demikian Lubroth mengatakan,"Di Asia Tenggara ada banyak jenis virus (H5N1) yang berada di sekeliling peternakan. Munculnya virus jenis H1N1 pada peternakan semacam ini akan menimbulkan kekhawatiran lebih dalam."

Colin Butter dari Institute Kesehatan Hewan Inggris berpendapat serupa. "Harapan kita, ini hanya merupakan kasus langka dan kita harus terus memonitor apa yang terjadi berikutnya."

Sumber :Kompas OL

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN