SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Saturday, March 21, 2009

Flu Burung Berjangkit Kembali

Sabtu, 21 Maret 2009 | 04:07 WIB

Pekanbaru, Kompas - Setelah sempat mereda pada tahun 2008, kasus flu burung kembali muncul di Provinsi Riau. Kali ini di Desa Dundangan, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau, ditemukan sampel ayam yang dinyatakan positif tertular virus flu burung.

"Berdasarkan laporan masyarakat, ada ayam yang mati mendadak bersamaan sebanyak 21 ekor pada tanggal 17 Maret kemarin. Petugas kami langsung ke lapangan dan mengambil sampel dua ekor ayam yang mati. Berdasarkan analisis di laboratorium Pekanbaru, ayam yang mati itu positif tertular virus flu burung," ujar HM Zubir Umar, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Pelalawan, yang dihubungi hari Jumat (20/3).

Zubir mengatakan, sejak penemuan kasus itu, pihaknya lewat tim Participation Disease Surveilance Respon (tim reaksi cepat untuk merespons laporan masyarakat) yang dipimpin oleh drh Mukhlis langsung memberitahukan masyarakat setempat untuk mengambil tindakan terhadap ayam-ayam di daerah itu. Mulai hari Jumat ini masyarakat sudah bersedia untuk memusnahkan unggas peliharaannya sendiri.

"Di Desa Dundangan, ayam masyarakat tidak dipelihara di kandang. Ayam-ayam bebas berkeliaran di mana saja. Kalau hari telah gelap, ayam-ayam itu tidur di pohon-pohon. Kami agak kesulitan melakukan pemusnahan sendiri tanpa bantuan masyarakat. Kami meminta agar unggas yang berada dalam radius 100 meter dari temuan ayam mati kemarin dapat dimusnahkan. Untungnya masyarakat setempat sadar dengan bahaya penyakit flu burung yang dapat menyebabkan kematian pada manusia," ujar Zubir.

Penemuan virus flu burung di Pelalawan pada kuartal pertama tahun 2009 ini, menurut Zubir, adalah yang pertama. Pada tahun 2008, Pelalawan relatif bersih dari flu burung.

Pada 2007 kasus flu burung ditemukan di Kecamatan Bandar Seikijang dan Pangkalan Kuras. Ketika itu sempat ditemukan demam pada seseorang yang diduga tertular virus flu burung, tetapi ketika dites di rumah sakit hasilnya negatif. (SAH)

Sumber : http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/03/21/04072647/flu.burung.berjangkit.kembali.

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN