SELAMAT DATANG Dr. JEFRI SITORUS, M.Kes semoga sukses memimpin KKP Kelas I Medan------------------------ Kami Mengabdikan diri Bagi Nusa dan Bangsa untuk memutus mata rantai penularan penyakit Antar Negara di Pintu Masuk Negara (Pelabuhan Laut, Bandar Udara dan Pos Lintas Batas Darat=PLBD) ------

Disease Outbreak News

Saturday, May 24, 2008

HIV/AIDS : 15 Perempuan Hamil Terdeteksi Positif

Sabtu, 24 Mei 2008 | 00:36 WIB

Surabaya, Kompas - Kasus HIV/AIDS pada bayi dan anak diperkirakan akan terus meningkat. Tidak adanya sistem deteksi dini menyebabkan pencegahan kerap terlambat.


Saat ini Rumah Sakit Umum dr Soetomo merawat 15 perempuan hamil yang dideteksi positif HIV/AIDS.

Mereka adalah pasien rujukan dari sejumlah puskesmas dan klinik yang dikelola lembaga swadaya masyarakat. ”Tak satu pun dari mereka sengaja ikut tes HIV/AIDS,” kata Siti Fatimah, Kepala Seksi Keperawatan Unit Perawatan Intermediet Penyakit Infeksi (UPIPI) RSU dr Soetomo di Surabaya, Jumat (23/5).

Potensi penularan HIV/AIDS dari ibu ke anak dapat ditekan hingga 25 persen jika pengobatan pencegahan dengan obat antiretroviral (ARV) diberikan sejak masa kehamilan. Tanpa itu, potensi penularan mencapai 70 persen.


Menurut data Dinas Kesehatan Kota Surabaya tahun 2007, kasus HIV/AIDS pada bayi usia 0-4 tahun ada 11 orang. Pada 2006 belum ada kasus tercatat.

RSU dr Soetomo Surabaya dalam tiga bulan terakhir menerima 40 kasus baru HIV/AIDS pada bayi dan anak—total sejak Januari 2008 ada 64 jiwa—hampir tiga kali lipat dari tahun 2007 (26).

Sekitar 30 anak berobat jalan secara rutin, sedangkan seorang anak berusia satu tahun terpaksa ”menetap” di rumah sakit karena ditinggalkan orangtuanya.


Menurut Esthi Susanti, Direktur Eksekutif Hotline, LSM bidang kesehatan perempuan, saat ini penularan HIV/AIDS, 25 tahun sejak kasus pertama, telah merambah ke populasi umum, yaitu anggota masyarakat yang semula dinilai tak berisiko tertular. Sekitar 25 persen orang dengan HIV/AIDS di Indonesia adalah ibu rumah tangga dan anak. (A10)

Sumber : Kompas-Humaniora

Travel Notices - CDC Travelers' Health

MANTAN-MANTAN KEPALA KKP MEDAN